Home » Artikel » Menyegarkan Peradaban: Upaya Mahasantri dalam Menjawab Krisis Pendidikan Bangsa

Menyegarkan Peradaban: Upaya Mahasantri dalam Menjawab Krisis Pendidikan Bangsa

Raden Muhammad Rifqi 02 Jul 2025 158

Pendidikan adalah fondasi utama sebuah bangsa, melalui sistem pendidikan yang kuat, kehormatan suatu bangsa dapat ditegakkan dan terpelihara. Sayangnya, penerapan pendidikan di Indonesia masih jauh dari harapan. Fokus utamanya seringkali hanya pada nilai akademik, mengukur keberhasilan siswa dari angka semata, tanpa mempertimbangkan aspek spiritual, etika, dan moral.

Melihat kondisi demikian, sudah waktunya bagi sistem pendidikan kita untuk berbenah secara serius dan berkelanjutan. Seluruh komponen bangsa perlu bersatu dan berkolaborasi untuk mengembalikan konsep serta praktik pendidikan ke jalur yang benar.

Menanggapi realitas tersebut, Tim Forum Kajian Santri Nusantara Wisudawan Mahasantri Ma’had Aly 2020-2021 menerbitkan buku “Menyegarkan Peradaban: Upaya Mengembalikan Orientasi Pendidikan Nusantara”. Buku ini menjadi bukti kepedulian para mahasantri dalam meluruskan arah pendidikan nasional.

Buku Menyegarkan Peradaban dibagi menjadi beberapa bagian, dengan setiap bagian memiliki fokus pembahasan yang spesifik:

Bagian Pertama: Pendahuluan

Bagian awal berfungsi sebagai pengantar, untuk membantu pembaca memahami latar belakang dan pentingnya topik yang dibahas dalam buku ini.

Bagian Kedua: Manusia dan Ilmu Pengetahuan

Bagian ini menggali sejarah penciptaan manusia sebagai makhluk berpendidikan yang dianugerahi ilmu pengetahuan. Pembaca akan diajak memahami hakikat manusia dan kaitannya dengan ilmu.

Bagian Ketiga: Pendidikan dalam Peradaban Nusantara

Bagian ini menganalisis pendidikan dari sudut pandang budaya peradaban Nusantara, menggunakan metodologi pendidikan Islam. Meskipun sistem pendidikan modern baru mapan pada abad ke-20, akar pendidikan di Nusantara sudah ada sejak lama. Urutan sejarah yang disajikan mencakup periode Kapitayan, Hindu-Buddha, Islam, hingga terbentuknya Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.

Bagian Keempat: Integrasi Ilmu dan Amal

Bagian ini membahas pentingnya menyatukan ilmu dan amal sebagai tujuan utama pendidikan. Penulis berupaya menyelaraskan orientasi dan hasil penerapan pendidikan, baik dari sisi proses maupun kelembagaan.

Bagian Kelima: Dakwah sebagai Penghubung

Dimensi dakwah dibahas sebagai titik temu antara pendidikan dan penerapannya. Ini merupakan upaya penyebaran ilmu (Nasyrul ‘Ilmi) yang meluas ke ranah dakwah, dengan prinsip metodologi yang dijelaskan secara rinci dalam bagian ini.

Buku ini memiliki keunggulan karena menyajikan pandangan baru dalam menyelaraskan gagasan pendidikan dan dakwah ulama salaf dengan kondisi bangsa saat ini. Penyajian alur sejarah yang terperiodisasi juga menambah nilai buku ini. Selain menganalisis realitas lapangan, buku ini juga diperkuat dengan dalil-dalil keagamaan sebagai referensi teori pendidikan dan dakwah.

Dengan demikian, diharapkan buku ini dapat menjadi panduan bagi lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia untuk merumuskan kebijakan, sekaligus menawarkan solusi atas krisis moral dan spiritual bangsa demi kemajuan peradaban.


Editor: A. Zaeini Misbaahuddin Asyuari

Peresensi: Raden Muhammad Rifqi

(Mahasantri Semester I Marhalah Ula Ma’had Aly Lirboyo)

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Postingan Terkait
Wajah Baru Fiqh Nusantara: Solusi Fikih Manhaji untuk Isu Kebangsaan Kontemporer

Raden Muhammad Rifqi

30 Jul 2025

Buku ini menjawab kesalahpahaman umum tentang ijtihad untuk masalah-masalah kebangsaan aktual

Kuliah Ushul Fikih: Pendalaman Kitab Jam’ul Jawami’ Bersama KH. Muhibbul Aman Aly

Fuad Amin

26 Jul 2025

LBM P2L Menyelenggarakan Kuliah Ushul Fikih bersama KH. Muhibbul Amman Aly

Mars Ma’had Aly Lirboyo

Redaktur

23 Jul 2025

Berikut ini teks Mars Ma’had Aly Lirboyo Kediri Jawa Timur

Fikih Muamalah Kontemporer: Jawaban Pesantren atas Dinamika Transaksi Digital

Raden Muhammad Rifqi

23 Jul 2025

Buku ini menyajikan pandangan ulama dilengkapi sub-kesimpulan ringkas di setiap bab, yang memudahkan pembaca

Daurah Ilmiah Ilmu Hadis Aswaja Bersama Syekh Dr. Muhyiddin Awwamah (4): Memahami Metode Menerima dan Meriwayatkan Hadis

Redaktur

23 Jul 2025

Syekh Awwamah menerangkan sejumlah metode dalam menerima dan meriwayatkan hadis

Daurah Ilmiah Ilmu Hadis Aswaja Bersama Syekh Dr. Muhyiddin Awwamah (3): Integritas Seorang Muhaddis: Etika dalam Meriwayatkan dan Mencatat Hadis

Redaktur

21 Jul 2025

Integritas seorang muhaddis dalam Ilmu Hadis tidak terlepas dari etika dan adab